image
Kabupaten Bogor kembali dijadikan tempat studi bagi daerah lain. kali ini, giliran Kab. Yalimo Provinsi Papua yang ingin mengetahui tentang pengelolaan arsip di bumi tegar beriman, rombongan yang di pimpin oleh Sekretaris Daerah Kab. Yalimo, Gasper Liauw di terima oleh Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (KAPD) Kab. Bogor, Ferry Adnan di ruang rapat KAPD pada Rabu, (26/3).
Menurut Sekda Kab. Yalimo kedatangan ke Kabupaten Bogor ingin mengetahui tentang pengelolaan arsip yang sudah berjalan di Pemkab Bogor, karena Pemkab Yalimo masih sangat kurang data dalam masalah pengelolaan arsip. “ di kami arsip terkadang tidak di anggap penting karena sebagian di daerah Papua masih sangat kurang dalam pengelolaan arsip, tetapi bagi daerah kami sangat penting karena dengan arsip kita akan terhindar dengan masalah seperti masalah keuangan,”Ujarnya.
Menanggapi hal itu, Kepala KAPD Ferry Adnan menjelaskan bahwa sistem kerasipan di Kabupaten Bogor sesuai
dengan Undang-Undang (UU) 43 tahun 2009 tentang kearsipan yang kami aplikasikan untuk mengelola masalah pengarsipan sehingga arsip-arsip dari OPD, Kecamatan dan Desa tidak tercecer dan arsip disini juga di pilah-pilah sesuai dengan nilai guna nya. “ jadi Arsip-Arsip yang telah di berikan oleh OPD, Kecamatan dan desa langsung kita susun dan di antara arsip-arsip tersebut dilihat juga dari nilai guna nya jadi bila di SKPD di anggap tidak ada nilai guna nya disini kita buat ada nilai guna nya dan disini sudah ada arsip sebanyak 30 juta lebih,” Tegasnya.
Masalah keamanan arsip pun tidak lepas dari penjabaran mantan Sekretaris Diskominfo ini, pada tempat penyimpanan arsip terpasang alarm dan bila salah satu OPD ingin mengambil arsip mereka, OPD tersebut harus meminta ijin secara langsung kepada Sekretaris Daerah. “ ada SOP nya di bila ingin mencari Arsip jadi harus ijin terlebih dahulu dari Sekda dan sistem kemananan juga sangat di perhatikan jadi sembarangan orang tidak sembarangan masuk.
” Terakhir Ferry juga menjelaskan bahwa kedepan sistem arsip akan dirubah menjadi sistem media digital dimana kita akan mencari arsip. Arsip tersebut akan cepat tersedia. “ kita sudah menyediakan tenaga-tenaga ahli di bidang IT untuk mempersiapkan sistem kearsipan secara digita,”Tandasnya. Selain melakukan dialog, acara juga di isi pertukaran cendramata antara Kabupaten Bogor dengan Kabupaten Yalimo dan setelah itu Rombongan yang berjumlah 30 yang terdiri dari para Kabag dan Kasubag di Kab. Yalimo berkesempatan mengujungi Depot Arsip yang dimiliki oleh KAPD. (Andi/Diskominfo Kabupaten Bogor)
Sumber: bogorkab.go.id.